17 Mei 2009

JK-Win dan Mega-Pro tes kesehatan



SBY Berboedi hari ini

JAKARTA - Tes pertama proses verifikasi bakal calon presiden dan wakil presiden dimulai. Dua pasang bakal capres dan cawapres, Jusuf Kalla dan Wiranto, serta Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto, melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit Perwira Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta, kemarin (17/5). RSPAD merupakan RS yang ditunjuk KPU atas rekomendasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
Bermacam-macam tes kesehatan dilakukan oleh dua pasangan bakal capres dan cawapres itu. Namun, dari beberapa tes, yang dinilai paling menguras waktu adalah tes psikologi. Ratusan pertanyaan dilontarkan oleh tim dokter untuk dijawab dalam waktu satu hingga satu setengah jam.
Seperti yang dialami Wiranto, bakal cawapres pendamping bakal capres dari Jusuf Kalla. Wiranto pada pukul 13.07 WIB menyempatkan diri untuk keluar menemui wartawan, di sela-sela tes yang dilakukannya. Hanya menggunakan piyama biru milik RSPAD, dia mengatakan bahwa tes psikologis adalah tes yang paling memakan waktu. "Ada 545 pertanyaan yang diberikan pada saya," kata Wiranto kepada wartawan di depan lobi gedung Prof Dr Satrio, ruang medical check up RSPAD Gatot Subroto.
Hanya sekitar 10 menit Wiranto melayani wartawan. Sekitar 10 menit kemudian, giliran JK yang keluar menemui wartawan. Sama seperti Wiranto, JK keluar hanya berpakaian piyama. Semua yang dialami Wiranto juga dialami JK, namun bedanya, pertanyaan untuk bakal capres yang diusung Golkar dan Hanura itu lebih banyak. "Saya ditanya 560 pertanyaan," kata JK. Pukul 14.57 WIB, pasangan Megawati dan Prabowo juga keluar menemui wartawan. Namun hanya melambai-lambaikan tangan saja.
Tes kesehatan pasangan Megawati dan Prabowo berjalan cukup lama. Prabowo baru meninggalkan RSPAD sekitar pukul 16.00. Prabowo mengaku tes kesehatan berjalan lancar. Hanya kondisi badannya kemarin tidak begitu sehat. "Suara saya serak. Saya sedang flu. Mudah-mudahan tidak mempengaruhi hasil tes," kata dia.
Tes kesehatan Megawati adalah yang paling lama. Meski berkali-kali sempat mondar-mandir di sepanjang lobi depan gedung Prof Dr Satrio, Megawati tak kunjung pulang. Mantan Presiden RI pengganti Abdurrahman Wahid itu baru meninggalkan RSPAD pada pukul 18.00.
"Saya kan yang terakhir diperiksa, makanya pulang terakhir," kata dia saat akan menaiki mobil pribadinya. Tinggal pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono yang belum menjalani tes. Rencananya, SBY Berboedi akan menjalankan tes kesehatan hari ini, mulai pukul 07.30 WIB. (bay)