16 Mei 2009

3 kandidat siap bertarung




*JK-Win, Mega-Pro, SBY-Berboedi

JAKARTA - Pendaftaran Bakal Calon Presiden dan Bakal Calon Wakil Presiden resmi ditutup Komisi Pemilihan Umum (KPU) kemarin (16/5). Lembaga penyelenggaran Pemilu itu akhirnya menerima berkas tiga pasang bakal capres dan cawapres yang bakal diseleksi untuk lolos di Pemilu Presiden pada 8 Juli mendatang.
Tiga pasang bakal capres dan cawapres yang mendaftarkan diri ke KPU kemarin adalah pasangan Jusuf Kalla dan Wiranto (JK-Win), pasangan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto (Mega-Pro), serta pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono (SBY Berboedi).
JK Win saat pendaftaran kemarin diusung oleh partai Golongan Karya dan Hati Nurani Rakyat, serta sejumlah partai pendukung seperti Partai Kebangkitan Nasional Ulama. Sementara Mega-Pro, diusung oleh koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Gerakan Indonesia Raya. Selain PDIP dan Gerindra, ada tujuh parpol kecil yang juga mendukung pasangan tersebut.
Sementara SBY-Berboedi, didukung oleh koalisi antara Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Kebangkitan Bangsa. Di luar lima partai peraih kursi di Senayan itu, masih ada 17 parpol kecil yang juga mendukung pasangan SBY Berbudi.
Pasangan JK Win adalah pendaftar pertama kali di KPU. Pasangan yang dideklarasikan sejak 10 Mei 2009 itu tiba di kantor KPU sekitar pukul 11.00 WIB. Mencoba berbeda dengan dua pasangan lainnya, JK Win tiba di KPU dengan berjalan kaki dari masjid Sunda Kelapa di Menteng, Jakarta. Keduanya sama-sama berpakaian krem. Mereka terlebih dahulu melakukan salah Dhuha bersama istri mereka masing-masing.
Setelah pasangan JK Win, giliran pasangan Mega-Pro yang mendaftarkan diri ke KPU. Keduanya datang tepat pukul 13.00 WIB. Berbeda dengan JK Win yang berpakaian sama-sama krem, Megawati dan Prabowo mengenakan warna pakaian yang berbeda. Mega mengenakan busana bernuansa merah, khas PDIP. Sementara Prabowo datang dengan pakaian kebesarannya, safari warna putih-putih, khas Gerindra.
Dua jam kemudian, giliran pasangan SBY Berboedi mendaftar ke KPU. Kali ini, "pasukan" dari pasangan yang sama-sama asal Jawa tersebut lebih banyak. Ini wajar, mengingat mereka didukung oleh lima parpol peraih kursi senayan dan 17 parpol kecil. Para petinggi dari parpol pendukung SBY Berboedi datang beramai ramai ke KPU. Termasuk MS Kaban, Ketua Umum PBB, dan Zulkifli Hasan, Sekjen PAN. Kedatangan SBY Berboedi itu dilakukan setelah deklarasi koalisi yang dilakukan di kediaman SBY di Cikeas, Bogor. Sementara itu pendftaran bacapres dan bacawapres yang ditutup kemarin baru segelintir dari tahapan yang dihadapi para pasangan dan tim sukses. Setelah ini, bacapres dan bacawapres harus menghadapi ujian pertama, yakni tes kesehatan. (bay)