10 Mei 2009

JK-Win tunggu dukungan partai lain


JAKARTA - Capres-cawapres Jusuf Kalla dan Wiranto (JK-Win), tampaknya, masih berharap dukungan partai lain. Setelah deklarasi di Tugu Proklamasi, Jakarta, kemarin, duet yang diusung Partai Golkar dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu tidak langsung mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Padahal, Meutia Hafidz, kader Partai Golkar yang didapuk menjadi MC, saat membawakan acara sempat mengatakan bahwa setelah deklarasi, JK-Win akan langsung mendaftar ke KPU. Namun, pernyataan itu buru-buru diralat.
"Tinggal kelengkapan administrasi yang masih kurang. Karena itu, kami tunda dulu mendaftar di KPU," ujar Ketua Tim Kampanye JK-Win Fahmi Idris saat ditemui di lokasi deklarasi. Paling lambat, kata Fahmi, pada 14 Mei, JK-Win akan mendaftar di KPU.
Namun, Ketua DPP Partai Golkar Syamsul Maarif punya alasan lain. Dia masih menunggu dukungan partai lain untuk memperkuat barisan pendukung JK-Win. Bahkan, dia pun belum bisa memastikan kapan JK-Win mendaftar ke KPU. "Kami belum menentukan tanggal. Sebab, tadi saya sampaikan bahwa kami tetap membuka peluang bagi parpol lain untuk bersama dengan Golkar dan Hanura memberikan dukungan kepada Pak JK dan Wiranto," kata Syamsul saat ditemui di pelantikan tim pemenangan JK-Win di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, tadi malam.
Kemarin, JK-Win memang melakukan deklarasi di Tugu Proklamasi. Bukan tanpa alasan deklarasi itu dilakukan di monumen bersejarah tersebut. Bahkan, pernyataan deklarasi dilakukan tepat di depan patung dwitunggal Soekarno-Hatta.
Dalam sambutannya, JK mengatakan, pasangan tersebut ingin agar bisa seperti pasangan dwitunggal bangsa Indonesia itu. "Sekarang kami di sini mempunyai semangat yang sama dengan Soekarno-Hatta, demi mengisi kemerdekaan," tutur JK, lantas disambut tepuk tangan simpatisan Golkar dan Hanura. (aga/agm)