03 April 2009

Program lumbung pangan direview


Rivai, Palenbang Pos.-
Keberhasilan program Sumsel lumbung pangan, akan segera direview oleh tim yang dibentuk Pemprov Sumsel. Tim mengkaji dan melakukan penambahan program, yang dianggap sejalan dengan visi dan misi Sumsel saat ini.
Demikian ditegaskan Asisten II Setda Sumsel Bidang Ekonomi Keuangan dan Perbankan, Ir H Eddy Hermanto, di Pemprov Sumsel, kemarin. Menurut Eddy, pihaknya melakukan rapat beberapa waktu lalu untuk membentuk tim review lubung pangan.
“Setelah panitia terbentuk, kita segera akan lakukan rapat-rapat guna membahas secara khusus progres lumbung pangan yang dilakukan pada 2003-2008. Selain itu, kita juga persiapkan pelaksanaan lumbung pangan untuk 2009-2013. Mungkin kita juga nanti minta bantuan konsultan, guna membahas progresnya,’’ tegas Eddy.
Dalam panitia tersebut, menurut Eddy, turut terlibat semua instansi yang terkait pangan dalam arti luas, seperti pertanian, perikanan, kehutanan dan lain-lainnya. “Intinya, program Sumsel lumbung pangan akan terus dijalankan. Saat ini kita belum lihat program lumbung pangan 2003-2008, khususnya sejauh mana pencapaian-pencaiapannya. Tapi secara riil, kita nilai sudah cukup berhasil,’’ jelasnya.
Apa bakal ada perubahan dalam program tersebut? “Tak ada perubahan, tapi lebih ke penajaman-penajaman dan pengembangan program. Contoh pada 2003-2008, tak termasuk peningkatan produksi daging di perkebunan. Nah untuk 2009-2014 itu kita masukkan. Pokoknya kita lihat, tampung dan sesuaikan visi serta misi daerah ke depan,’’ ujarnya.
Eddy mengakui, program Sumsel lumbung pangan diatur dengan Perda berjangka waktu 20 tahun. “Setiap 5 tahun sekali, kita review program tersebut, kita tinjau dan sesuaikan dengan misi serta visi pemerintah ke depan. Kita harapan, dalam bulan-bulan ini panitia review sudah bisa bekerja,’’ ungkapnya. Bagaimana dengan program Sumsel lumbung energi? “Lumbung energi saat ini belum akan kita review, tapi pasti ke depan akan kita lakukan,’’ tukasnya. (war)