03 April 2009

Palembang diusulkan tuan rumah PD 2018


*Tambah kapasitas stadion GSJ

Sudirman, Palembang Pos.-
Pengajuan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia (PD) 2018 saat ini tinggal menunggu keputusan FIFA. Sebagai induk organisasi sepakbola dunia, keputusan tuan rumah piala dunia 2018 akan diumumkan Desember 2010. PSSI yang telah mengajukan diri, langsung mendapat respons positif FIFA, termasuk Palembang sebagai tuan rumahnya.
Demikian ditegaskan Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid, kepada pers seusai penyambutan atlet Pelatnas terpadu Seagames XXV Laos 2009 di ballroom hotel The Jayakarta, kemarin. Hadir dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, Ketua KONI Sumsel, Sofyan Rebuin, Sekum KONI Sumsel, Dhennie Zaenal, serta puluhan atlet Sea Games cabang olahraga Sepakbola, biliar, serta menembak.
“Kita telah membuat 10 program emas demi mewujudkan implementasi Indonesia PD 2018, salah satunya dengan modernisasi organisasi. Pengajuan minat kita menjadi tuan rumah sudah diterima FIFA, keputusannya Desember 2010,’’ kata Nurdin.
Dilanjutkan Nurdin, sebagai tuan rumah PD 2018, PSSI mengajukan 17 Kota di Indonesia dengan 24 stadion. “Kota terbaik setelah Jakarta tentunya Palembang, sudah diajukan juga ke FIFA, karena memiliki fasilitas yang lengkap. Segala hal sudah sudah siap, yang perlu ditambah hanya kapasitas stadion minimal 40 ribu tempat duduk,’’ sambung Nurdin.
Untuk memuluskan menjadi tuan rumah PD 2020, Nurdin menyiapkan program Uruguay. “Pemain-pemain kita akan digembleng dari segi fisik, teknik, dan gizi. Soalnya kalau di Indonesia, pembinaan sepakbolanya tidak standar Internasional,’’ ujarnya.
Sementara Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, pihaknya akan menyiapkan fasilitas olahraga standar Internasional di Sumsel. “Palembang akan menjadi tuan rumah Sea Games 2011, dalam 1,5 tahun semua fasilitas akan selesai. Saya menyukai olahraga, untuk itu semua akan disiapkan dengan sungguh-sungguh,’’ tukasnya. (kie)